Kuliner Spesial Asal Thailand ini Harus Anda Coba

Thailand tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah. Negara ini juga memiliki begitu banyak spesialisasi kuliner yang harus Anda coba ketika berkunjung ke sana. Perhatikan dengan cermat beberapa kuliner khas Thailand berikut ini dan jangan sampai Anda melewatkannya nanti saat Anda bepergian ke sana,

Kalamae

Kalamae adalah sejenis makanan ringan dengan rasa manis dan tekstur lengket. Makanan ini terbuat dari beras ketan atau tepung ketan, gula aren atau gula pasir, dan santan. Ketiga bahan dimasak sambil diaduk sampai tekstur kenyal dan lengket diperoleh. Adonan dilakukan kemudian dipotong-potong kecil dan ditaburi wijen dan kemudian dikemas dalam plastik.

Biasanya ada dua varian Kalamae yaitu Kalamae yang berwarna coklat yang menggunakan gula aren dan Kalamae yang berwarna hijau yang menggunakan gula putih dan diberi warna hijau dari daun pandan. Makanan ini dapat diperoleh dengan mudah, terutama di Samui karena ada banyak pohon kelapa di daerah ini. Ibu rumah tangga mahir membuat makanan ini sebagai camilan bagi seluruh keluarga.

Tom Yam

Sup khas Thailand ini sangat populer dan bahkan sudah mendunia. Tom Yam memiliki rasa yang kuat karena dibumbui dengan berbagai bumbu seperti serai, laos, jeruk nipis, kecap ikan, daun jeruk dan juga cabai. Saus kental dan pedas ini lebih lengkap dengan potongan cumi-cumi, udang, dan jamur. Thai Tom Tom biasanya memiliki rasa pedas. Karena itu, jika Anda tidak suka pedas Anda harus menanyakan tingkat kepedasan saat ingin memesan.

Khao Phad

Khao Phad adalah nama yang diberikan oleh orang Thailand untuk nasi goreng. Nasi goreng khas Thailand ini menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari nasi, telur, bawang putih, saus tiram, kecap, garam dan gula. Semua bahan ini dimasak menggunakan wajan dan disajikan dengan potongan mentimun, selada, irisan jeruk dan potongan tomat. Beberapa variasi nasi goreng Thailand ditambahkan dengan potongan ayam, daging babi, kepiting atau udang. Nasi goreng Thailand biasanya tidak terasa pedas sehingga sangat disukai oleh wisatawan yang tidak terbiasa dengan menu makanan pedas Thailand.

Baca Juga : Hidangan Laut Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Som Tam

Som Tam adalah salad khas Thailand yang terbuat dari serutan pepaya muda yang dibumbui. Bumbu-bumbu untuk salad ini termasuk cabai, gula aren, saus ikan, dan jus jeruk nipis. Selain serutan pepaya muda sebagai bahan utama, bahan tambahan lainnya termasuk udang kering, tomat, kacang panjang, terong bundar dan kacang panggang yang digiling kasar. Fresh Som Tam sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan teman dan keluarga.

Tom Kha Kai

Tom Kha Kai atau sup ayam laos memiliki rasa pedas dan asam. Sup ini terbuat dari santan, laos, jeruk purut, serai, ketumbar, jamur jerami, jus jeruk nipis, cabai dan potongan ayam. Santan dengan kombinasi berbagai bumbu menjadikan makanan ini salah satu menu favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Thailand.

Phad Thai

Makanan ini pertama kali dikenal di Thailand selama kerajaan Ayutthaya. Phad Thai diyakini berasal dari Cina atau dari Vietnam. Phad Thai terdiri dari mie yang terbuat dari nasi, telur, tahu, asam, saus ikan, bawang putih, cabai, gula aren, dan kedelai. Selain itu, potongan ayam, udang atau kepiting juga bisa ditambahkan. Di Thailand, makanan ini dapat ditemukan di restoran hingga pedagang kaki lima.

Leave a Reply

Your email address will not be published.