Hidangan Laut Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Dikenal sebagai negara Maritim, Indonesia tentu memiliki beragam makanan laut yang menggugah selera. Kombinasi ikan, cumi-cumi, hingga kerang-kerangan, dengan rempah-rempah tradisional membuat hidangan seafood Indonesia begitu populer.

Karena popularitasnya, setiap daerah di Indonesia harus memiliki jenis makanan laut yang berbeda dan bahkan menjadi ciri khas daerah tersebut. Apa pun? Berikut adalah enam hidangan seafood tradisional Indonesia yang bisa menjadi alternatif untuk hidangan Anda.

Sotong pangkong

Sotong Pangkong adalah salah satu hidangan makanan laut khas Pontianak, Kalimantan Barat, yang menggunakan cumi-cumi sebagai bahan utamanya. Sotong sendiri terbuat dari cumi-cumi, yang merupakan hewan mirip cumi-cumi tetapi lebih besar dan lebih luas, yang dihisap sampai kering.

Sebelum disajikan, cumi-cumi akan diratakan menjadi tipis kemudian dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dimakan. Disajikan dengan sambal pedas encer dan kacang tumbuk, sangkong pangkong yang gurih sering dimakan sebagai camilan saat berbuka puasa.

Gonggong rebus

Sebagai provinsi kepulauan, Riau dikenal sebagai provinsi yang memiliki beragam sajian seafood lezat dan terjangkau. Salah satunya adalah makan gonggongan rebus legendaris.

Gonggong sendiri adalah sejenis siput laut berukuran sedang dengan cangkang putih yang cukup tebal. Biasanya kulit kayu akan direbus dengan bumbu seperti bawang putih dan rempah-rempah aromatik dan kemudian dimakan dengan saus cabai jeruk pedas yang menyegarkan.

Gulai kepala kakap

Selain rendang, Sumatera Barat juga terkenal karena kepala ikan kakap gurih dan kaya bumbu. Sesuai namanya, hidangan ini dibuat dari kepala ikan kakap yang dimasak dengan bumbu kari kekuningan.

Meski dagingnya kurang, rasa gurih kepala kakap sebenarnya menjadi daya tarik tersendiri. Saking sedapnya, kari kepala kakap tidak kalah populer di daerah lain seperti Medan hingga Aceh.

Rendang lokan

Sejauh ini, mungkin kita lebih akrab dengan hidangan rendang yang terbuat dari daging sapi, sedangkan di Sumatera Barat, ada berbagai jenis rendang yang diolah dengan bahan dasar lainnya. Salah satunya adalah rendang kerang atau lebih dikenal dengan rendang lokan.

Tidak jauh berbeda dengan membuat daging rendang, rendang lokan dibuat dengan merebus kerang dengan santan kelapa dan berbagai bumbu hingga mengering dan berubah warna menjadi coklat. Saat dimakan, rendang lokan terasa lebih gurih dengan tekstur kenyal yang membuatnya semakin menggoda.

Ikan Gohu

Tidak hanya Jepang yang memiliki hidangan ikan mentah, Maluku juga memiliki hidangan ikan mentah segar dan unik, lho. Tepatnya di daerah Ternate, Anda akan menemukan hidangan yang disebut ikan gohu yang terbuat dari campuran tuna atau tuna segar yang disiram dengan bawang merah tumis dan cabai rawit.

Meskipun disajikan mentah, ikan gohu tidak terasa amis karena disajikan dengan jus lemon atau jeruk nipis dan daun kemangi. Karena diproses tanpa melalui proses memasak, tidak heran ikan gohu sering dijuluki sebagai sashimi Ternate.

Cakalang rica-rica

Ikan cakalang adalah salah satu jenis ikan yang sering ditemukan di Sulawesi, termasuk kota Manado. Maka jangan heran jika Anda menemukan berbagai jenis sesaji yang terbuat dari cakalang di ibu kota Sulawesi Utara. Salah satunya adalah ikan cakalang yang dimasak dengan bumbu rica-rica pedas.

Untuk membuat cakalang rica-rica, biasanya digunakan daging tuna yang sudah diasap hingga kering. Daging ikan asap kemudian diseduh secara kasar dan ditumis dengan bumbu yang terbuat dari campuran cabai merah, bawang, tomat, jahe dan daun jeruk. Hidangan ini memiliki rasa yang menggoda dan gurih yang sangat cocok untuk disajikan dengan sepiring nasi hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *