6 Makanan Khas Hanoi “Vietnam”

Diangkat jadi ibu kota Vietnam sejak mulai 1976, Hanoi salah satunya kota yang kerap menjadi diva di mata beberapa pelancong. Berkat kota dengan luas 3.329 km² ini penuh akan warisan bersejarah, seperti Imperial Citadel of Thang Long, Ho Chi Minh Mausoleum, French Quarter dan seterusnya.

Waktu berkunjung ke Hanoi juga rasa-rasanya tak resmi bila tak nikmati beberapa olahan kuliner tradisionalnya. Berikut 7 makanan unik Hanoi yang penting kamu coba waktu berkunjung kesana. Apa sajakah?

1. Cha ca

Makanan Khas Hanoi

Buat masyarakat Hanoi, cha ca ialah sajian penting waktu bergabung dengan keluarga. Cha ca ini dibikin dari ikan putih yang dipadukan dengan beraneka bumbu, seperti bawang putih, jahe serta kunyit yang setelah itu didiamkan beberapa saat. Kemudian, ikan itu di panggang dalam oven saat 5-7 menit.

Waktu akan disuguhi, di goreng lebih dahulu di atas wajan dengan minyak panas. Buat penyajiannya imbuhkan bihun beras, daun bawang, adas, kacang panggang, saus nuoc cham serta bumbu fresh yang lain. Selama jalan kira-kira Old Quarter, Hanoi ialah tempat idola beberapa pelancong buat cuman nikmati kuliner unik Hanoi ini.

2. Mien xao luon

Mien xao luon ialah makanan unik Hanoi yang dibikin dari belut. Belut yang udah di goreng kering, disediakan dengan mi kaca goreng setelah itu diseduh dengan kuah kaldu tulang belut tersebut. Penyajiannya supaya makin lengkap ditambah topping, seperti tauge, telur, mentimun, bawang merah serta perilla ungu.

3. Bun thang

Santapan unik Hanoi yang lain yang penting kamu kecap waktu bertandang ke Hanoi ialah Bun thang. Bun thang ialah santapan mi, daging ayam, telur, sayatan daging babi serta satu sendok terasi. Bahan itu diatur di atas mangkung setelah itu diseduh dengan kuah gurih yang dibikin dari 20 bahan, salah satunya cumi-cumi, udang kering, pasta udang, jamur, daun bawang, bit, ketumbar, saus ikan, cuka, gula dan seterusnya.

4. Banh cuon

Banh cuon biasa disantap waktu sarapan atau siang hari jadi snack. Banh cuon dibikin dari paduan daging giling (ayam, udang serta babi), ham, jamur kuping, bawang, kacang rebus, mentimun yang setelah itu dibungkus dengan lembaran berupa kulit yang dibikin dari tepung beras. Buat menaikkan rasa, banh cuon kebanyakan dicocolkan pada saus nuoc. Kamu dapat mendapatkan banh cuon ini nyaris di selama jalan kota Hanoi.

Baca Juga : Makanan Asal Jepang yang Paling di Favoritkan Orang Indonesia

5. Banh goi

Banh goi atau pangsit goreng ialah makanan yang lain yang sayang sekali kamu terlewat bila berkunjung ke kota Hanoi. Bahkan juga kamu juga dapat membuat di dalam rumah lantaran bahan-bahannya cukup gampang didapat. Yaitu, bihun kaca, jamur kuping, daging babi cincang (ayam atau sapi), serta telur puyuh. Beberapa bahan itu setelah itu dibungkus dengan kulit yang dibikin dari tepung beras lalu di goreng sampai kekuningan.

Buat menaikkan rasa, bagikan dengan saus asam manis yang dibikin dari cabai, bawang putih, gula, jeruk nipis serta saus ikan. Gak itu saja, buat kurangi minyak yang terdapat pada banh goi kebanyakan ditambah daun selada serta ketumbar waktu penyajiannya.

6. Xoi xeo

Xoi xeo ialah kudapan yang dibikin dari nasi ketan. Penyajiannya ditambah topping berbentuk staple pasta kacang hijau, bawang merah kering serta kecap. Topping yang lain yang dapat di pilih ialah ayam rebus, pate, ham, telur yang udah diawetkan atau perut babi yang udah diasinkan.

Sejumlah restoran di Hanoi juga menyediakan xoi xeo jadi sajian penutup. Dengan type topping yang tidak serupa, mencakup biji wijen panggang, kelapa kering atau gula kristal.

Itu 6 makanan unik Hanoi, Vietnam yang dapat kamu kecap waktu berliburan kesana. Lebih kurang kamu tertarik buat mengecap olahan yang mana nih?