10 Rekomendasi Makanan Khas Papua Terunik dan Terlezat.

1. Papeda
Siapa pun yang menyukai masakan Indonesia pasti pernah mendengar tentang Papeda. Hidangan ini tidak hanya asli Papua tetapi juga dapat ditemukan di banyak daerah lain di Indonesia bagian timur, seperti Maluku dan Sulawesi.
Pepada sendiri terbuat dari bahan baku utama berupa sagu. Oleh karena itu, makanan ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi, karena keduanya mengandung karbohidrat. Papada biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang dan sering disajikan dengan daging, ikan, sayuran, dan lauk pauk lainnya.

 

2. Ulat Sagu
Selain hidangan sagu dan seafood, Papua juga terkenal dengan makanan ekstremnya. Nah, salah satunya adalah ulat sagu. Masakan ekstrem seperti ini memang jarang ditemui di daerah lain, tapi makan ulat sagu sudah biasa di Papua.
Jenis ulat yang biasa dimakan adalah yang menetas dari pohon sagu yang tumbang karena sudah terlalu tua. Karena ulat sagu banyak berkembang biak di pohon seperti ini. Untuk menemukan ulat sagu, biasanya Anda harus menggali bagian dalam batang pohon terlebih dahulu.
Meskipun mungkin makanan ekstrim yang kebanyakan orang tidak tertarik untuk mencoba, ulat sagu masih menjadi salah satu daya tarik yang memaksa beberapa orang untuk mencobanya.

 

3. Aunu Sabere
Nama masakan ini mungkin masih asing di telinga orang awam. Selain tidak sepopuler Papeda, bukankah nama masakan ini cukup sulit untuk diucapkan?
Meskipun demikian, aunu senebre memiliki rasa yang unik. Masakan ini terbuat dari bahan dasar berupa ikan teri dan nasi. Makanan ini sering disajikan dengan daun dan batang talas, papaeda, dan makanan yang berasal dari umbi-umbian lainnya.

 

4. Kue Lontar
Sepintas terlihat seperti kue susu, namun ternyata merupakan hidangan khas Papua yang disajikan saat Idul Fitri, pesta tahun baru, ulang tahun dan acara-acara khusus lainnya. Rasa manis dan asin ini terbuat dari bahan dasar margarin, tepung terigu, vanili dan susu, dibuat langsung oleh masyarakat Papua tanpa ada lintas budaya dari luar.
Kue lontar dibuat dengan cetakan yang besar, sehingga ukuran kue yang dihasilkan juga besar. Namun ada juga format yang lebih kecil bagi yang ingin membeli kue dari jauh sebagai oleh-oleh. Nama Lontar berasal dari bahasa Belanda “Rontart”, meskipun orang Papua lebih nyaman menyebutnya Lontar.

 

 

5. Es Matoa
Tumbuh di daratan Papua Baat, Matoa juga bisa dijadikan sebagai hidangan manis. Salah satu olahan matoa adalah es buah matoa.
Rasa khas buah matoa yang dipadukan dengan berbagai jenis buah segar seperti charge, dragon fruit dan coconut memiliki rasa yang manis dan segar banget. Hidangan es buah yang satu ini pasti sangat cocok diminum di hari yang panas.

 

6. Sarang Semut Papua
Hidangan ini tentu sudah tidak asing lagi. Sarang semut Papua Barat dikenal kaya akan antioksidan. Tak heran, sarang semut juga dijual dengan harga yang relatif mahal. Memang banyak dari mereka yang menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Papua Barat.
Ini dia rekomendasi makanan khas dari daerah Papua Barat. Beragamnya makanan yang bisa ditemukan di provinsi ini tentunya menawarkan pesona tersendiri bagi para wisatawan. Tidak heran, banyak wisatawan yang tertarik ke Papua Barat, menjadikannya salah satu hotspot tujuan wisata populer.

 

Lihat Juga : Oleh-Oleh Khas Kudus Sebagai Teman Wisata

 

7. Roti Abon Gulung
Roti abon gulung adalah jenis roti yang biasa ditemukan di toko roti. Namun siapa sangka ternyata roti ini juga menjadi salah satu masakan khas Papua Barat.
Resep dan cara membuat breadcrumb Papua Barat yang tidak jauh berbeda dengan sandwich pada umumnya praktis sama dengan roti pada umumnya. Namun, gulungan ini kurang tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet sebagai bahan campurannya.

 

8. Sagu Lempeng
Papua Barat juga terkenal dengan aneka makanan berbahan dasar sagu. Salah satu masakan khas Papua Barat yang menggunakan bahan sagu adalah sajian sagu atau sajian sagu.
Cara dan tata cara menyiapkan sajian sagu ini umumnya sama dengan roti tawar. Bagi yang penasaran dengan rasa sagu yang menggantikan gandum dalam roti tawar, bisa berkunjung ke Papua Barat untuk mencobanya.

 

 

9. Sambal Colo – Colo
Ternyata cabai colo-colo tidak hanya terkenal di Maluku dan Makassar. Di Papua Barat, sambal jenis ini menjadi makanan pelengkap favorit penduduk setempat.
Dibuat dari irisan tomat, daun bawang dan cabai, sambal ini terasa segar.

 

10. Ikan Bakar Monokrawi
Sebagian besar daerah di Indonesia makan ikan bakar dengan bumbu kecap atau kacang, namun hal ini berbeda di Papua, khususnya daerah Manokwari. Karena ikan bakar sebenarnya dimakan menggunakan bumbu yang ditumbuk kasar. Sebelum dipanggang, ikan dilapisi dengan jeruk nipis.
Setelah matang, ikan disajikan di atas daun pisang dan dilumuri saus pedas dengan bumbu yang ditumbuk kasar. Cita rasa masakan Papua ini jelas sangat nikmat, apalagi jika disantap dengan nasi panas.

 

Nah, Tadi itu barusan adalah 10 Daftar Makanan Khas Papua yang terunik dan terlezat yang sudah kami rangkum. Jangan ragu untuk menjelajah keanekaragaman makanan lainnya di Indonesia ya !