Oleh-Oleh Khas Kudus Sebagai Teman Wisata

Belum lagi mendengarkan kenangan, orang Indonesia tidak bisa ditinggalkan. Apalagi jika berkunjung ke lingkungan kecil Jawa Tengah, Kudus. Daerah ini dikenal sebagai kota Kretek karena memiliki berbagai wisata alam yang menakjubkan. Setelah menikmati panorama pemandangan alam, wisatawan dapat bersantai dan melihat-lihat berbagai oleh-oleh khas Kudus. Suvenir lezat dari Genan Kudus hingga Kesiputo dengan harga terjangkau. Berikut 12 tips oleh-oleh khas Kudus untuk dibawa pulang jika Anda berkunjung.

Madu Mongso

Oleh Oleh Khas Kudus Sebagai Teman Wisata

Bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Kudus, makanan khas Madummonso mungkin tidak asing lagi. Buah ini sekilas terlihat seperti kenan. Padahal, Madumonso adalah sandwich nasi hitam yang manis dan asam. Saat beras ketan difermentasi hingga menjadi gumpalan, maka terciptalah keasaman. Selain itu, beras ketan diolah dengan mencampurkan berbagai bahan seperti gula dan santan. Perbedaan antara madu monsocudus biasa dengan madu monso lainnya adalah teksturnya yang kental dan lembut. Ingin membawa pulang oleh-oleh khas Kudus?

Jenang Kudus

Apakah orang Indonesia asing dengan Genan Kudus? Buah ini seolah menjadi ikon makanan di wilayah Kudus. Tidak hanya di kudus, tetapi juga di luar daerah. Jenang Kudus rasanya manis dan legal dengan tekstur yang mirip dengan kepala kehidupan. Jenang Kudus terbuat dari tepung ketan, gula kelapa, santan dan lemak nabati. Strukturnya sama dengan genan pada umumnya. Namun, kenan ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil yang dibungkus plastik. Kudus sendiri memiliki ratusan industri swasta Genan Kudus, sehingga agak sulit bersaing di arena aslinya. Jika ingin membeli oleh-oleh Xenang Cudus, pergilah ke supermarket, toko oleh-oleh, dan teman-teman di Kota Kuliner!

Keciput

Salah satu oleh-oleh khas Kudus yang menarik adalah Kesiputo. Keciput adalah camilan kering yang paling umum saat mengunjungi toko oleh-oleh. Cashfoot tidak hanya bertahan lebih lama, tetapi juga rasanya enak. Adanya saus wijen dan warna kecoklatan mengingatkan pada Ondeonde. Seperti makanan ringan lainnya, Kesiputo berukuran kecil dan memiliki tekstur yang keras. Meski tidak mengandung bahan pengisi, rasanya harum dan manis saat dikunyah. Oleh karena itu, tidak heran jika wisatawan selalu membeli banyak kesiputo saat berada di Kudus. Tidak hanya enak, tidak mengosongkan dompet Anda.

Kopi Muria

Kopi Mulia telah menjadi salah satu minuman paling populer dan khas Kudus selama bertahun-tahun. Kopi ini enak dan berbeda dari jenis kopi lainnya. Jadi Café Muria tetap menjadi favorit wisatawan hingga saat ini, tapi tentu tidak mengherankan. Nama Copimuria berasal dari fakta bahwa kopi ini ditanam dan dipanen oleh petani di lereng Gunung Muria. Kopi mulia dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko suvenir Kudus. Jika butuh kopi segar, di Kudus juga ada kafe dan pedagang kaki lima. Pastikan untuk membeli kopi Muria de Kudus!

Jangklong

Apakah Anda mencari jenis umbi-umbian? Anda dapat menjadikan Jean Klong sebagai hadiah unik Anda berikutnya. Umbi-umbian ini ditemukan di lereng Gunung Muria, kaya akan vitamin dan khasiat. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan stroke. Junkron tidak hanya meningkatkan kekebalan tetapi juga memberikan berbagai nutrisi, sehingga cocok untuk orang yang sedang diet. Jangklong bisa dibuat dari berbagai olahan umbi-umbian. Misalnya steak atau gorengan biasa. Setiap tahun faktor produksi meningkat dan harga Jean Klong menjadi lebih murah. Junkron dapat ditemukan di pasar tradisional dan toko oleh-oleh khas Kudus.